Cara dan Teknik Pemupukan Kelapa Sawit Agar Hasil Panen Meningkat

dosis pupuk untuk kelapa sawit

Strategi/cara/teknik/metode pemupukan kelapa sawit harus mengacu pada konsep efektifitas dan efisiensi yang maksimum dalam pelaksanaanya strategi pemupukan memerlukan 3 pihak yang terkait antara lain pemerintah,pembuat rekomendasi,dan pengusaha perkebunan atau perusahaan.

Peran utama pemerintah antara lain sebagai pembuat pupuk penetapan harga pupuk,pengadaan pupuk,dan pengaturan tata niaga pupuk.

Peran pembuat rekomendasi pemupukan antara lain dilakukan oleh balai penelitian dan atau departemen penelitian dan pengembangan yang ada di dalam sebuah perusahaan perkebunan besar,rekomendator menentukan dosis,jenis,frekuensi,cara aplikasi serta kebutuhan pupuk untuk tanaman.

dosis pupuk untuk kelapa sawit
dosis pupuk untuk kelapa sawit

Sementara itu peran perusahaan atau pengusaha perkebunan dalam strategi pemupukan yang baik terletak pada aspek perencanaan dan pelaksanaan pemupukan yang sesuai dengan anjuran dari rekomendator.

Stretegi pemupukan kelapa sawit ada 3 hal yang harus dipahami antara lain sebagai berikut :

  1. Penentuan Jenis Pupuk

Strategi dalam menentukan jenis pupuk diwarnai oleh pertimbangan ekonomis,pengetahuan teknis tentang sifat pupuk dan sifat  tanah dimana pupuk akan diaplikasikan akan sangat menentukan efisiensi pemupukan di perkebuan. Sifat/karakteristik pupuk yang penting diketahui adalah kandungan unsur hara pupuk tersebut,kandungan unsur hara tambahan,reaksi pupuk di dalam tanah dan kepekaan pupuk terhadap pengaruh iklim.selain itu sifat tanah juga perlu di ketahui secara teknis strategi pemilihan pupuk sebaiknya dilakukan dengan cara berikut:

a. memilih jenis kombinasi jenis pupuk berdasarkan komposisi unsur hara utama dan unsur hara tambahan
b. memilih jenis puupuk berdasarkan sifat kelarutannya
c. Penggunaan RP dan dolomit yang cukup banyak mengandung kalsium (CA) akan lebih tepat bila digunakan untuk tanah gambut yang bereaksi masam.

    2. Penentuan waktu Dan frekuensi Pemupukan

waktu dan frekuensi pemupukan ditentukan oleh iklim (terutama Curah hujan ) sifat fisik tanah,logistik,pengadaan pupuk,serta adanya sifat sinergis dan anatogonis antar unsur hara.
respon tanaman terhadap pemberian pupuk tergantung pada 2 kondisi yang saling berhubungan yaitu keadaan tanaman itu sendiri dan ketersediaan unsur hara di dalam tanah.
Manfaat pemupukan yang maksimal dapat tercapai bila curah hujan antara 100-250 mm per bulan pada masa ini kondisi tanah cukup basah sehingga memudahkan terserapnya unsur hara oleh tanaman itu sendiri

3. Penentuan Cara pemenpatan Pupuk

Cara penempatan pupuk yang akan diaplikasikan sangat mempengaruhi jumlah pupuk yang dapat diserap akar tanaman,peningkatan efisiensi pemupukan ini mencangkup aspek upaya bagaimana pupuk itu lebih cepat sampai ke zona perakaran dan seminimum mungkin hilang karena adanya aliran permukaan dan penguapan,pemupukan kelapa sawit dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a. penyebaran secara merata pada lingkaran luar dan dalam tanaman kelapa sawit
b. Penempatan Pupuk pada jalur lingkaran
c. penempatan pupuk pada larikan mengelilingi pokok dan pupuk dibenamkan dalam larikan yang ditimbun lagi            dengan tanah
d. pemupukan Melalui daun
e. pemupukan melalui infus akar

Pemupukan pada point A dan B relatif mudah dilakukan dalam pelaksanaannya tetapi pupuk mudah tercuci terbawa oleh aliran permukaan air atau hilang karena penguapan

Sementara itu, pemupukan dengan cara benam dimaksudkan untuk mengurangi kehilangan pupuk akibat aliran air atau penguapan walaupun pelaksanaannya yang lebih mahal dan memerlukan waktu yang relafit agak lama di bandingkan dengan poin A dan B. Pemupuan melalui daun yaitu hanya dilakukan di pembibitan dan beberpa kasus pada tanaman yang masih muda di lapangan dan arealnya tergenang air. Sementara untuk pemberian pupuk dengan cara infus akan sendiri dimaksudkan agar dapat mengatasi kehilangan pupuk karena proses pencucian,penghanyutan,penguapan,dan fiksasi oleh partikel tanah.

Demikian lah sedikit artikel mengenai Strategi Pemupukan kelapa Sawit semoga saja bisa menjadi referensi kawan kawan dalam melakukan pemupukan kelapa sawit, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *