Pengalaman Saya Bikin Toko Online Bibit Tanaman Bersama RumahWeb

Dijual Bibit Buah Jeruk Manis Cepat Berbuah Lebat

Mungkin teman-teman pembaca disini ada yang hobinya berkebun dan berdagang (wirausaha)? Btw, berdagang dan berkebun adalah hobi saya yang sesungguhnya. Mengapa saya suka berdagang dan berkebun? karena saya orangnya gak bisa diem. Pengen aja ada hal-hal baru yang bisa didapat dari pengalaman hidup. Termasuk membuka usaha/bisnis. Bagi saya, soal untung rugi dalam bisnis itu hal biasa, yang penting mulai aja dulu.

Bermula dari hobi berdagang dan berkebun tersebut, maka saya mencoba berdagang bibit tanaman. Saya awal mulanya berdagang bibit tanaman itu hanya dari mulut ke mulut, keliling kampung atau antar desa pakai motor, hanya posting di sosial media semacam facebook saja, namun hasilnya kurang optimal. Itulah mengapa saat itu saya berpikir untuk mengembangkan bisnis dengan membuat toko online, apalagi sedikit-sedikit saya ada basic membuat website, jadi harus go online gitu.

Saya waktu itu mencoba mengembangkan website saya yang pertama kalinya di hosting di RumahWeb yang semula hanya diisi dengan artikel-artikel seputar pertanian. Karena semakin kesini pengunjung website tersebut semakin rame, sayang sekali kalo tidak dikonversi menjadi uang jajan, hehe. Ya akhirnya saya membuat subdomain https://toko.tipspetani.com/ yang merupakan website jualan saya seputar pertanian yang terhosting di layanan RumahWeb. Website toko online bibit ini saya optimalisasi hanya dengan menggunakan teknik SEO.

Di toko online bibit pertanian tersebut saya mencoba menjual produk-produk pertanian, mulai dari bibit tanaman, benih tanaman, madu asli, pupuk organik, hewan kelinci, dan lain sebagainya. Lumayanlah kalo dari segi penghasilan, cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Hingga hari ini, website toko pertanian yang sudah saya bangun kurang lebih 5 tahun tersebut masih menghasilkan cuan. Namun, sempat anjlok sih pas pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu, tapi tidak terlalu signifikan.

Mayoritas pembeli di toko online saya itu adalah warga lokal di Lampung dimana saya tinggal. Ada juga yang dari luar Lampung, dan yang paling banyak adalah dari pulau Jawa, Sumatera, Batam, dan beberapa di Kalimantan, Bali, NTB, Sulawesi hingga Papua.

Di awal-awal menjual bibit tanaman melalui toko.tipspetani.com selalu ada cerita menarik dan kadang juga jadi maki-makian orang. Pernah saya mendapat order dari orang yang tinggal di Papua yang memesan bibit. Saat itu bibit saya kirim ke Papua hingga satu minggu lebih, dan ternyata bibitnya kering di jalan, mungkin bibitnya dehidrasi di jalan, akhirnya saya dapet ocehan dan makian. Namun, karena saya tanggungjawab maka uang saya kembalikan.

Tidak hanya pengalaman tak mengenakan, saya juga dapat pengalaman berharga manakala pembeli merasa puas dengan pelayanan saya. Biasanya saya meminta mereka untuk memberikan tanggapan/testimoni pasca membeli bibit.

Dari pengalaman mengesankan di atas, saya semakin belajar banyak hal termasuk segi packing bibit hingga bibit harus benar-benar aman ketika diantarkan hingga sampai ke rumah konsumen.

Mengapa Membangun Toko Online Itu Penting?

Apapun usaha/bisnis yang kita bangun itu tentu saja harus di online-in, tidak cukup hanya dipromosiin lewat mulut ke mulut atau sosmed saja. Kita harus membuat sebuah toko online berbasis website supaya kita bisa lebih banyak membuat katalog produk yang dengan begitu calon pembeli bisa langsung berselancar melihat-lihat produk yang kita tawarkan.

Saran saya dalam menyajikan produk di website juga harus menarik, luwes dengan pelanggan/calon pembeli (memberikan pelayanan terbaik, bersikap ramah, responsif dalam memberikan tanggapan/pertanyaan pembeli), harga bersaing di pasaran, target pengunjungnya jelas, dan sesekali harus bisa memberikan diskon khusus kepada pengunjung.

Testimonial Pelanggan
Testimonial dari salah satu pelanggan toko.tipspetani.com yang orderan bibitnya sudah sampai di tujuan.

Toko online di era digital saat ini sangat penting dimiliki oleh pengusaha atau pelaku bisnis UKM/UMKM. Saking pentingnya, maka toko online bisa juga dijadikan branding bagi perusahaan/bisnis yang sedang dikembangkan.

Saya rasa makin kesini semua pelaku bisnis sudah mulai melek dengan digital marketing, termasuk pemasaran produk melalui teknologi digital semacam toko online ini.

Berikut ini manfaat/fungsi pelaku bisnis/UKM/UMKM jika kita memiliki toko online, antara lain yaitu:

  • Membranding bisnis/usaha yang sedang dijalankan, sehingga mudah dikenal orang banyak;
  • Mempermudah calon pembeli untuk mengenal produk/jasa yang kita tawarkan;
  • Mendekatkan produk/jasa kepada calon pembeli hanya dalam satu genggaman (perangkat online/sosial media);
  • Mampu meningkatkan omset bisnis;
  • Toko online memiliki jangkauan yang luas, siapapun dan dimanapun bisa terjaring untuk membeli produk jika target audiencenya jelas;
  • Mempermudah dalam melakukan kampanye iklan kepada target user;
  • Menciptakan pembelian berulang jika pembeli merasa cocok dan nyaman dengan pelayanan yang kita berikan;
  • Hanya dengan modal domain dan hosting sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan maka semua urusan bisnis jadi mudah dan praktis;
  • Sebagai investasi jangka panjang berbisnis skala online;
  • Yang paling terpenting adalah menambah penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Bukti transfer dari pelanggan
Bukti transfer pembelian bibit tanaman dari Bapak Rizki Faya Islami.

Nah, saya sendiri dalam memulai usaha/bisnis dan mengonlinekannya dengan membuat toko online bibit tanaman tersebut saya coba menggunakan jasa pembuatan domain murah dan hosting dari RumahWeb Indonesia.

Jujurly, saya sendiri sudah menggunakan jasa/layanan dari RumahWeb ini sejak tahun 2015, baik untuk pembuatan website pribadi, website yang saya pakai untuk bisnis dengan memasang iklan Google AdSense di situs yang berisi artikel-artikel yang saya posting, atau untuk berdagang melalui toko online.

RumahWeb bagi saya adalah benar-benar rumah yang berisi orang-orang ramah. Sebagai contohnya, ketika saya ada kendala dalam penanganan website yang sedikit problem, maka ketika saya menghubungi rekan teknis RumahWeb, maka dengan kesediaan mereka menyelesaikan permasalahan saya dengan tuntas, saya merasa nyaman layaknya sudah satu keluarga kandung.

Selama saya membuat toko online pertanian di RumahWeb tidak pernah saya memiliki kendala atau tiba-tiba website error/trouble, dll, karena sebelum melakukan perubahan-perubahan penting/upgrade pada situs maupun lapayan server maka pihak RumahWeb sudah jauh-jauh hari memberikan informasi kepada kita sehingga sifatnya tidak mendadak (biasanya sejauh ini lewat pesan email). Saya jujurly suka banget dan nyaman bertahun-tahun langganan di RumahWeb, karena selain pelayanannya yang prima juga kerja dari orang rumah yang sangat memuaskan.

Dari sekitar 7 tahunan sejak 2015 menggunakan jasa domain dan hosting dari RumahWeb, maka saya merasa bahwa RumahWeb ini sudah saya anggap satu keluarga dengan saya, bahkan saya sendiri jujurly tidak mau berpaling dari RumahWeb. Website saya yang lainnya juga terhosting di RumahWeb. Oke deh pokoknya.

Untuk teman-teman pelaku bisnis UKM/UMKM yang mau bikin website toko online untuk kepentingan bisnis agar cepat tumbuh dan berkembang pesat, maka saya menyarankan untuk menyewa domain dan Hosting Murah di RumahWeb saja, karena saya sendiri sudah merasakan pengalaman baik bersama Rumah Web.

Sekian cerita singkat saya ketika mencoba membangun bisnis bibit tanaman bersama RumahWeb. Sangat-sangat menyenangkan pastinya. Semoga bermanfaat informasi ini dan mari kita semua tetap jaga kesehatan, tetap bahagia, dan jangan lupa untuk berpikir positif dimana pun berada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *